PROFIL LULUSAN

PROGRAM STUDI D3 TEKNOLOGI LISTRIK

INSTITUT TEKNOLOGI PADANG

  1. Program Diploma Tiga;

Program Diploma Tiga Teknologi Listrik diarahkan pada lulusan yang menguasai kemampuan di bidang ketenagalistrikan dalam bidang kerja yang bersifat rutin maupun yang belum akrab dengan sifat-sifat maupun kontekstualnya, secara mandiri dalam pelaksanaan maupun tanggungjawab pekerjaannya, serta mampu melaksanakan pengawasan dan bimbingan atas dasar keterampilan manajerial yang dimilikinya.

Deskriptor generik:

  • Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas pada bidang ketenagalistrikan, memilih metode yang sesuai dari beragam pilihan yang sudah maupun belum baku dengan menganalisis data, serta mampu menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang terukur;
  • Menguasai konsep teoritis bidang ketenagalistrikan secara umum, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural;
  • Mampu mengelola kelompok kerja dan menyusun laporan tertulis secara komprehensif;
  • Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok.

Profesi/ peran yang diharapkan:

  1. Teknisi/Analisis – Drafter Electrical Technology: Ahli Madya Teknologi Listrik yang mampu menyelesaikan dan membuat rancangan instalasi tenaga listrik domestik, nondomestik dan instalasi industri beserta perlengkapan hubung bagi dan kendali pada tegangan rendah sesuai syarat teknis dan standar yang berlaku dan mempertimbangkan aspek K3 serta lingkungan dalam menyelesaikan permasalahan terkait bidang ketenagalistrikan.
  2. Teknisi/Analisis – Konstruktor Electrical Technology: Ahli Madya Teknologi Listrik yang mampu mempersiapkan pekerjaan pemasangan instalasi pemanfaatan tenaga listrik domestik, nondomestik dan instalasi industri dengan memperhatikan syarat teknis dan standar yang berlaku serta mempertimbangkan aspek K3 serta lingkungan.
  3. Teknisi/Analisis – Inspektor Electrical Technology: Ahli Madya Teknologi Listrik yang mampu mengawasi dan menginspeksi pekerjaan pemasangan instalasi pemanfaatan tenaga listrik domestik, nondomestik dan instalasi industri dengan memperhatikan syarat teknis dan standar yang berlaku serta mempertimbangkan aspek K3 serta lingkungan.
  4. Teknisi/Analisis – Operation Electrical Technology: Ahli Madya Teknologi Listrik yang mampu mempersiapkan dan mengoperasikan peralatan instalasi pemanfaatan tenaga listrik, pada sistem pembangkit tenaga listrik, pada sistem distribusi tenaga listrik, serta dapat mengoperasikan sistem scada dengan memperhatikan syarat teknis dan standar yang berlaku serta mempertimbangkan aspek K3 serta lingkungan.
  5. Teknisi/Analisis – Maintenance Electrical Technology: Ahli Madya Teknologi Listrik yang mampu mempersiapkan dan melaksanakan pekerjaan pemeliharaan instalasi pemanfaatan tenaga listrik, pada sistem pembangkit tenaga listrik, pada sistem distribusi tenaga listrik dengan memperhatikan syarat teknis dan standar yang berlaku serta mempertimbangkan aspek K3 serta lingkungan.
  6. Technopreneur; Ahli Madya Teknologi Listrik yang menjadi pengelola usaha yang dapat memanfaatkan teknologi dalam berimprovisasi dan inovasi sesuai tuntutan pasar dengan mengedepankan efektifitas dan efisiensi.